Inilah Tips aman mengunakan layanan hotspot Umum - INDONISY

Berbagi informasi yang bermanfaat.

Inilah Tips aman mengunakan layanan hotspot Umum

JAKARTA -- Berdasarkan data dari Norton Cyber Security Insights Report 2016, lebih dari dua orang Indonesia (26 persen) mengaku, terbiasa menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Secara umum, 77 persen orang Indonesia mengatakan, Wi-Fi publik sangat bermanfaat untuk mengecek email, mengirimkan dokumen, dan mengakses akun-akun media sosial secara cepat.
wifi publik

Sebagian besar orang Indonesia menyadari risiko-risiko menggunakan jaringan Wi-Fi publik, di mana 62 persen menyatakan bahwa mereka tidak akan memasukkan data keuangan pribadi mereka secara online saat terhubung ke jaringan Wi-Fi pubiik. Namun, 51 persen diantara mereka tidak dapat mengidentifikasi apakah jaringan Wi-Fi yang mereka gunakan aman. Hanya 36 persen yang menggunakan sebuah Virtual Private Network (VPN).

Berikut sejumlah tips untuk tetap aman saat menggunakan Hotspot Umum:


- Jangan pernah meninggalkan laptop dan telepon genggam Anda tanpa pengawasan, bahkan hanya untuk sesaat.

- Jangan mengatur jaringan wireless Anda untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan terdekat. Namun, pilihlah jaringan hotspot secara manual ketika hendak terhubung.

- Pastikan Anda mengakses jaringan hotspot yang legal, dengan bertanya pada pemilik jaringan (host) untuk mengonfirmasi nama jaringan, dan proses koneksinya.

- Matikan fitur berbagi file atau file sharing saat Anda menggunakan hotspot, dan usahakan untuk meminimalkan jumlah data pribadi yang sensitif yang disimpan di laptop dan telepon genggam Anda. Nonaktifkan fitur file sharing, melalui menu pengaturan jaringan pada sistem operasi perangkat Anda.

- Jangan melakukan transaksi perbankan, atau perdagangan secara online saat menggunakan hotspot publik. Lakukan transaksi-transaksi tersebut saat berada dalam lingkungan yang lebih aman, dan terkontrol.

- Jangan berselancar ke situs-situs yang Anda tidak ingin orang asing ketahui bahwa Anda sedang mengaksesnya.

- Ambilah keputusan berkomputasi yang bijaksana. Selalu hindari menggunakan hotspot untuk melakukan segala jenis komunikasi, atau transaksi yang penting.

artikel republika
0 Komentar

* Berkomentar sesuai dengan Artikel.
* Dilarang Sp@m di sini.
* Terima kasih.