Pengadilan Internasional : Myanmar Terbukti Bersalah Lakukan Genosida - INDONISY

Berbagi informasi yang bermanfaat.

Pengadilan Internasional : Myanmar Terbukti Bersalah Lakukan Genosida

Moslemtoday.com : Pengadilan Internasional memutuskan bahwa Pemerintah Myanmar terbukti bersalah melakukan genosida terhadap orang-orang Rohingya dan minoritas Muslim lainnya dalam sidang yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 22 September 2107.

Sidang yang dipimpin oleh tujuh anggota panel mengumumkan keputusannya setelah mempertimbangkan bukti dokumenter dan saksi ahli serta kesaksian sekitar 200 korban kekejaman yang dilakukan terhadap kelompok minoritas Rohingya, Kachin dan minoritas lainnya di Myanmar.
pengadilan-internasional

Pemerintah Myanmar telah didakwa dan dinyatakan bersalah melakukan genosida, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Pengadilan memutuskan bahwa Myanmar terbukti bersalah melakukan genosida terhadap orang-orang Rohingya”, kata Kepala hakim Daniel Feierstein, seperti dilansir dari The Star, Sabtu, (23/9/2017).

Pengadilan tersebut juga membuat 17 rekomendasi atas keputusan tersebut. Di antara rekomendasi yang diumumkan oleh hakim Gill H. Boehringer adalah mendesak pemerintah Myanmar menghentikan tindakan kekerasan terhadap minoritas Muslim.

“Visa dan akses gratis harus diberikan kepada tim pencari fakta PBB untuk menyelidiki kekejaman yang dilakukan terhadap Rohingya, Kachin dan kelompok lainnya,” ungkapnya.

Pemerintah Myanmar, kata Boehringer, juga harus mengubah konstitusi dan menghapuskan undang-undang yang diskriminatif untuk memberikan hak dan kewarganegaraan kepada minoritas yang tertindas.

Dia juga meminta masyarakat internasional untuk memberikan bantuan keuangan ke negara-negara seperti Bangladesh dan Malaysia yang menjadi tuan rumah masuknya pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan tersebut.

“Temuan, penghakiman dan rekomendasi tribunal akan diteruskan ke badan internasional dan kelompok sipil untuk menekan pemerintah Myanmar agar segera bertindak”, kata Boehringer.

Ketua panitia penyelenggara Dr Chandra Muzaffar memuji putusan tersebut sebagai langkah signifikan untuk mengakui kejahatan yang dilakukan di Myanmar. “Pengadilan telah memutuskan kejahatan Myanmar dengan namanya dengan menggunakan istilah-istilah seperti kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida,” katanya.

Dia mengatakan bahwa temuan pengadilan dan putusan pengadilan harus digunakan sebagai dasar untuk badan internasional seperti ASEAN, PBB, dan negara-negara lain untuk bertindak.

Krisis baru-baru ini di Rakhine, Myanmar, telah mengakibatkan lebih dari 420.000 pengungsi Rohingya melarikan diri ke Bangladesh.

Pengadilan tersebut didirikan di Italia pada tahun 1979 dan terdiri dari 66 anggota internasional. Sejak didirikan, majelis tersebut telah mengadakan 43 sesi mengenai berbagai kasus yang melibatkan hak asasi manusia dan genosida. (DH/MTD)

artikel: http://www.moslemtoday.com/pengadilan-internasional-myanmar-terbukti-bersalah-lakukan-genosida-terhadap-etnis-rohingya/
0 Komentar

* Berkomentar sesuai dengan Artikel.
* Dilarang Sp@m di sini.
* Terima kasih.