Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar - INDONISY

Berbagi informasi yang bermanfaat.

Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar

Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar Ketika datang untuk menginstal Linux rasa populer Ubuntu , ada begitu banyak potongan berguna informasi di blog dan panduan di seluruh internet. Jika Anda Google "Bagaimana cara menginstal Ubuntu", Anda akan mengerti maksud saya.

Desktop Ubuntu mudah digunakan, mudah dipasang dan mencakup semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan organisasi, sekolah, rumah atau perusahaan Anda. Ini juga open source, aman, mudah diakses dan gratis untuk diunduh.

Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Dalam tutorial ini, kita akan menginstal desktop Ubuntu ke komputer Anda, menggunakan drive DVD komputer atau flash drive USB Anda.


Persyaratan Sebelum Menginstal Ubuntu

Anda harus mempertimbangkan hal berikut sebelum memulai penginstalan:
  • Sambungkan laptop Anda ke sumber listrik.
  • Pastikan Anda memiliki minimal 5GB ruang penyimpanan gratis.
  • Miliki akses ke DVD atau flash drive yang berisi versi Ubuntu yang ingin Anda 
    instal.
  • Pastikan Anda memiliki data cadangan terbaru Anda. Meskipun tidak mungkin ada yang 
    salah, Anda tidak akan pernah terlalu siap.


Lihat Persyaratan Instalasi / Sistem untuk rincian lebih spesifik tentang persyaratan perangkat keras. Kami juga memiliki beberapa tutorial yang menjelaskan cara membuat DVD Ubuntu atau USB flash drive.

Boot dari DVD

Sangat mudah untuk menginstal Ubuntu dari DVD. Inilah yang perlu Anda lakukan:
  1. Letakkan DVD Ubuntu ke drive optik / DVD Anda.
  2. Hidupkan Kembali komputer Anda.
Beberapa saat kemudian, setelah desktop dimuat, Anda akan melihat jendela selamat datang. Dari sini, Anda dapat memilih bahasa dari daftar di sebelah kiri dan memilih antara menginstal langsung Ubuntu, atau mencoba desktop terlebih dahulu (jika Anda menyukai apa yang Anda lihat, Anda juga dapat menginstal Ubuntu dari mode ini juga).

Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu

Jika Anda tidak mendapatkan menu ini, baca booting dari panduan DVD untuk informasi lebih lanjut.

Boot dari USB flash drive

Jika anda belum menginstall bootable ubuntu di USB Flash Drive maka terlebih dahulu anda ikuti tutorial berikut Cara Membuat bootable Flashdisk Ubuntu dengan platform Linux (ubuntu)

Sebagian besar komputer akan boot dari USB secara otomatis. Cukup masukkan flash drive USB dan salah satu power pada komputer Anda atau restart. Anda harus melihat jendela selamat datang yang sama seperti yang kita lihat di langkah 'Install from DVD' sebelumnya, yang meminta Anda untuk memilih bahasa Anda dan menginstal atau mencoba desktop Ubuntu.
Jika komputer Anda tidak secara otomatis melakukan booting dari USB, coba simpan F12saat komputer Anda pertama kali dijalankan. Dengan kebanyakan mesin, ini akan memungkinkan Anda untuk memilih perangkat USB dari menu boot sistem yang spesifik.




Bersiap untuk menginstal Ubuntu

Setelah memilih untuk menginstal Ubuntu dari jendela selamat datang, Anda akan ditanya tentang pembaruan dan perangkat lunak pihak ketiga.
  • Kami menyarankan untuk memungkinkan keduanya Download updatesdan Install third-party software.
  • Tetap terhubung ke internet sehingga Anda bisa mendapatkan update terbaru saat Anda menginstal Ubuntu.
  • Jika Anda tidak terhubung ke internet, Anda akan diminta untuk memilih jaringan nirkabel jika tersedia. Kami menyarankan Anda untuk terhubung saat pemasangan sehingga kami dapat memastikan mesin Anda up to date
Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu

Alokasikan ruang drive

Gunakan kotak centang untuk memilih apakah Anda ingin Menginstal Ubuntu di samping sistem operasi lain, menghapus sistem operasi yang ada dan menggantinya dengan Ubuntu, atau - jika Anda pengguna tingkat lanjut - pilih opsi ' Something else '.
Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu






Mulai instalasi

Setelah mengonfigurasi penyimpanan, klik tombol 'Install Now'. Sebuah panel kecil akan muncul dengan ikhtisar pilihan penyimpanan yang Anda pilih, dengan kesempatan untuk kembali jika rinciannya salah.
Klik Continueuntuk memperbaiki perubahan di tempat dan memulai proses instalasi.
Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu

Pilih lokasi Anda

Jika Anda terhubung ke internet, lokasi Anda akan terdeteksi secara otomatis. Periksa lokasi Anda benar dan klik 'Teruskan' untuk melanjutkan.
Jika Anda tidak yakin dengan zona waktu Anda, ketik nama kota atau kota setempat atau gunakan peta untuk memilih lokasi Anda.
Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu







Pilih tata letak keyboard pilihan Anda

Untuk memberi tahu Ubuntu tata letak keyboard Anda, klik pada pilihan bahasa yang Anda butuhkan diikuti dengan tata letak spesifik keyboard Anda. Jika Anda tidak yakin, klik tombol ' Detect Keyboard Layout ' untuk bantuan.
Tata letak keyboard selalu dapat diubah, dan tata letak tambahan ditambahkan, dari desktop setelah pemasangan.

Tutorial Cara menginstal Ubuntu lengkap dengan Gambar
Instalasi Linux ubuntu

Rincian masuk

Masukkan nama Anda dan installer akan secara otomatis menyarankan nama komputer dan nama pengguna. Ini dapat dengan mudah diubah jika Anda mau. Nama komputer adalah bagaimana komputer Anda akan muncul di jaringan, sementara nama pengguna Anda akan menjadi nama login dan akun Anda.
Selanjutnya, masukkan kata sandi yang kuat. Installer akan memberi tahu Anda jika terlalu lemah.
Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan enkripsi login dan home folder otomatis. Jika mesin Anda portabel, kami sarankan untuk menonaktifkan login otomatis dan mengaktifkan enkripsi. Ini harus menghentikan orang mengakses file pribadi Anda jika mesin hilang atau dicuri.

Instalasi Linux ubuntu

Jika mengaktifkan enkripsi folder Home dan Anda lupa kata sandi Anda, Anda tidak akan dapat mengambil data pribadi yang tersimpan dalam folder rumah Anda.

Sumber : https://tutorials.ubuntu.com
Baca Juga : Cara Uninstall Program Di Linux Mint / Ubuntu
Baca Juga : Cara Install dan Uninstall Uget di Linux Mint dan Ubuntu
0 Komentar

* Berkomentar sesuai dengan Artikel.
* Dilarang Sp@m di sini.
* Terima kasih.