Cara Perbaiki masalah koneksi jaringan di Windows 10 - INDONISY

Berbagi informasi yang bermanfaat.

Cara Perbaiki masalah koneksi jaringan di Windows 10


Cara Perbaiki masalah koneksi jaringan di Windows 10 -  Jika Anda mengalami masalah saat terhubung ke jaringan dan tidak bisa masuk ke Internet, inilah beberapa hal yang dapat Anda coba di Windows 10.
Cara Perbaiki masalah koneksi jaringan di Windows 10

Hal yang harus dicoba terlebih dulu
Cobalah hal-hal ini dulu untuk membantu Anda memperbaiki atau mempersempit masalah koneksi.
  • Check out Mengapa saya tidak bisa online? dan coba beberapa langkah pemecahan masalah dasar yang disebutkan di sana.
  • Restart modem dan router nirkabel Anda. Ini membantu membuat koneksi baru ke penyedia layanan Internet Anda (ISP). Bila Anda melakukan ini, semua orang yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda akan diputus sementara.
     
    Langkah yang Anda lakukan untuk me-restart modem dan router Anda bisa beragam, tapi berikut adalah langkah umumnya:
    1. Lepaskan kabel daya untuk penerus dari sumber listrik.
    2. Cabut kabel listrik untuk modem dari sumber listrik.

      Beberapa modem memiliki baterai cadangan. Jadi jika Anda mencabut kabel dan lampu tetap menyala, keluarkan baterai dari modem.
    3. Tunggu minimal 30 detik atau lebih.

      Jika Anda harus melepaskan baterai dari modem, masukkan kembali baterai.
    4. Pasang modem kembali ke sumber listrik. Lampu pada modem akan berkedip. Tunggu mereka berhenti berkedip.
    5. Colokkan router Anda kembali ke sumber listrik.

      Tunggu beberapa menit agar modem dan router bisa sepenuhnya menyala. Anda biasanya bisa tahu kapan mereka siap dengan melihat lampu status pada kedua perangkat.
    6. Pada PC anda, coba sambungkan lagi.
  • Buat laporan jaringan nirkabel. Laporan ini dapat membantu Anda mendiagnosis masalah, atau setidaknya memberi Anda lebih banyak informasi untuk diberikan kepada orang lain yang mungkin bisa membantu.
     
    1. Di kotak pencarian pada taskbar, ketik Command prompt , tekan dan tahan (atau klik kanan) Command prompt , lalu pilih Run as administrator > Yes .
    2. Pada command prompt, ketik netsh wlan tampilkan wlanreport .
    Ini membuat file HTML yang bisa Anda buka di browser web Anda dari lokasi yang tercantum di bawah command prompt. Untuk info lebih lanjut tentang laporan jaringan dan cara menganalisisnya, lihat Menganalisis laporan jaringan nirkabel di masalah Fix Wi-Fi di Windows 10 .
  • Pastikan itu tidak menjadi masalah dengan modem kabel atau penyedia layanan Internet (ISP).
     
    1. Jika ya, hubungi ISP Anda. Di kotak pencarian pada taskbar, ketik Command prompt , tekan dan tahan (atau klik kanan) Command prompt , lalu pilih Run as administrator > Yes .
    2. Pada prompt perintah, ketik ipconfig .

      Cari alamat IP yang tercantum di sebelah Default gateway . Tuliskan alamat itu jika Anda perlu. Sebagai contoh: 192.168.1.1
    3. Pada prompt, ketik ping <DefaultGateway> dan tekan Enter . Misalnya, ketik ping 192.168.1.1 dan tekan Enter . Hasilnya harus seperti ini:
       
      Balas dari 192.168.1.1: bytes = 32 waktu = 5ms TTL = 64
      Balas dari 192.168.1.1: bytes = 32 waktu = 5ms TTL = 64
      Balas dari 192.168.1.1: bytes = 32 waktu = 5ms TTL = 64
      Balas dari 192.168.1.1: bytes = 32 waktu = 5ms TTL = 64
      Ping statistik untuk 192.168.1.1: Paket: Terkirim = 4, Diterima = 4, Hilang = 0 (kehilangan 0%), Perkiraan waktu perjalanan pulang dalam milidetik: Minimum = 4ms, Maksimum = 5ms, Rata-rata = 4ms
      Jika ping berhasil dan Anda melihat hasil yang mirip dengan hasil di atas, namun tidak dapat terhubung ke Internet di PC Anda, mungkin ada masalah dengan modem atau penyedia layanan Internet (ISP) Anda.
Jalankan Network troubleshooter diikuti dengan perintah networking
Pemecah masalah jaringan dapat membantu mendiagnosis dan memperbaiki masalah koneksi umum. Dengan menggunakan pemecah masalah ini, kemudian menjalankan beberapa perintah jaringan setelahnya jika diperlukan, dapat membantu Anda terhubung.

Untuk menjalankan Network troubleshooter

  1. Di kotak pencarian di taskbar, ketik Network troubleshooter , lalu pilih Identifikasi dan perbaiki masalah jaringan dari daftar hasil.
  2. Ikuti langkah-langkah di pemecah masalah dan lihat apakah itu memperbaiki masalahnya.
Jika itu tidak memperbaiki masalah koneksi Anda, cobalah hal-hal berikut:
  • Setel ulang tumpukan TCP / IP
  • Lepaskan alamat IP
  • Perbaharui alamat IP
  • Siram dan setel ulang cache penyelesai klien DNS

Untuk menjalankan perintah jaringan ini di jendela command prompt

  1. Di kotak pencarian pada taskbar, ketik Command prompt , tekan dan tahan (atau klik kanan) Command prompt , lalu pilih Run as administrator > Yes .
  2. Pada prompt perintah, jalankan perintah berikut dalam daftar yang tercantum, dan kemudian periksa untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah koneksi Anda:
    • Ketik netsh winsock reset dan tekan Enter .
    • Ketik netsh int ip reset dan tekan Enter .
    • Ketik ipconfig / release dan tekan Enter .
    • Ketik ipconfig / renew dan tekan Enter .
    • Ketik ipconfig / flushdns dan tekan Enter .
Perbarui driver adaptor jaringan
Driver adaptor jaringan usang atau tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah koneksi. Jika Anda baru saja mengupgrade ke  , mungkin saja driver saat ini dirancang untuk versi Windows sebelumnya. Periksa apakah ada driver yang diperbarui.
  1. Di kotak pencarian di taskbar, ketik Device Manager , lalu pilih Device Manager dari daftar hasil.
  2. Di Pengelola Perangkat, pilih Adaptor jaringan > nama adaptor jaringan.
  3. Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor jaringan, lalu pilih Update driver > Search automatically for update driver software . Ikuti langkah-langkahnya, lalu pilih Close .
  4. Setelah menginstal driver yang telah diperbarui, pilih Start tombol> Power > Restart jika Anda diminta untuk memulai ulang, dan lihat apakah itu memperbaiki masalah koneksi.
Jika Windows tidak dapat menemukan driver baru untuk adaptor jaringan Anda, kunjungi situs web produsen PC dan download driver adaptor jaringan terbaru dari sana. Jika PC Anda tidak dapat terhubung ke Internet, Anda harus mendownload driver pada PC yang berbeda dan menyimpannya ke flash drive USB, sehingga Anda dapat menginstal driver secara manual pada PC Anda. Anda harus mengetahui nama produsen PC dan model atau nomornya.

Untuk menginstal driver adaptor jaringan secara manual

Lakukan salah satu dari yang berikut, tergantung pada jenis file yang Anda download dari situs web produsen PC:
  • Jika Anda mendownload file executable (.exe), cukup klik dua kali file untuk menjalankannya dan instal drivernya. Itu harus semua yang perlu Anda lakukan.
  • Jika Anda mendownload file individual, dan setidaknya satu file memiliki ekstensi nama file .inf dan yang lainnya memiliki ekstensi .sys, lakukan hal berikut:
     
    1. Di kotak pencarian di taskbar, ketik Device Manager , lalu pilih Device Manager dari daftar hasil.
    2. Di Pengelola Perangkat, pilih Adaptor jaringan > nama adaptor jaringan. (Jika tidak terdaftar di sana, periksa di perangkat lain .)
    3. Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor jaringan, lalu pilih Update driver > Browse my computer for driver software .
    4. Pilih Browse > pilih lokasi tempat file driver disimpan> OK .
    5. Pilih Next > ikuti langkah-langkah untuk menginstal driver> Close .
    6. Setelah Anda memperbarui drivernya, pilih Start tombol> Power > Restart jika Anda diminta untuk memulai ulang, dan lihat apakah itu memperbaiki masalah koneksi.
Putar kembali driver adaptor jaringan
Jika Anda terhubung sebelumnya dan baru saja menginstal driver adaptor jaringan baru, mengembalikan driver Anda ke versi sebelumnya mungkin bisa membantu.
  1. Di kotak pencarian di taskbar, ketik Device Manager , lalu pilih Device Manager dari daftar hasil.
  2. Di Pengelola Perangkat, pilih Adaptor jaringan   > nama adaptor jaringan.
  3. Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor jaringan, lalu pilih Properties (Properti) .
  4. Di Properties, pilih tab Driver , pilih Roll Back Driver , lalu ikuti langkah-langkahnya.
     
    Jika tombol tidak tersedia, berarti tidak ada driver yang bisa diputar ulang.
  5. Setelah kembali ke versi driver sebelumnya, pilih Start  tombol> Power > Restart jika Anda diminta untuk memulai ulang, dan lihat apakah itu memperbaiki masalah koneksi.
Jika Windows tidak dapat menemukan driver baru untuk adaptor jaringan Anda, kunjungi situs web produsen PC dan download driver adaptor jaringan terbaru dari sana. Jika PC Anda tidak dapat terhubung ke Internet, Anda harus mendownload driver pada PC yang berbeda dan menyimpannya ke flash drive USB, sehingga Anda dapat menginstal driver secara manual pada PC Anda. Anda harus mengetahui nama produsen PC dan model atau nomornya. Untuk mengetahui cara menginstal driver secara manual, lihat bagian sebelumnya.
Matikan firewall untuk sementara
Terkadang perangkat lunak firewall mungkin menghalangi Anda terhubung. Anda dapat melihat apakah masalah koneksi disebabkan oleh firewall dengan mematikannya sementara dan kemudian mencoba mengunjungi situs web yang Anda percaya.
Langkah-langkah untuk mematikan firewall bergantung pada perangkat lunak firewall yang Anda gunakan. Periksa dokumentasi perangkat lunak firewall Anda untuk mempelajari cara mematikannya. Pastikan Anda menghidupkannya kembali secepat mungkin. Tidak memiliki firewall dihidupkan membuat PC Anda lebih rentan terhadap h4ck3r, worm, atau virus.
Jika Anda mengalami masalah mematikan firewall Anda, lakukan hal berikut untuk mematikan semua perangkat lunak firewall yang sedang berjalan di PC Anda. Sekali lagi, pastikan Anda menghidupkan kembali firewall Anda sesegera mungkin.

Untuk mematikan semua firewall

  1. Di kotak pencarian pada taskbar, ketik Command prompt , tekan dan tahan (atau klik kanan) Command prompt , lalu pilih Run as administrator > Yes .
  2. Pada command prompt, ketik netsh advfirewall set allprofiles state off , dan kemudian tekan Enter .
  3. Buka browser web Anda dan kunjungi situs web yang Anda percaya dan lihat apakah Anda dapat terhubung dengannya.
  4. Untuk mengaktifkan semua firewall yang mungkin telah Anda instal, pada prompt perintah, ketik netsh advfirewall set allprofiles state on , dan kemudian tekan Enter .
Jika Anda mendapati perangkat lunak firewall menyebabkan masalah koneksi, hubungi produsen perangkat lunak atau kunjungi situs web mereka untuk memeriksa dan melihat apakah perangkat lunak yang diperbarui tersedia.
Nonaktifkan antivirus atau perangkat lunak pencegahan-perangkat lunak perusak sementara
Terkadang perangkat lunak pencegahan malware atau antivirus mencegah Anda terhubung. Anda dapat melihat apakah masalah koneksi disebabkan oleh perangkat lunak pencegahan dan pencegahan malware dengan mematikannya sementara dan kemudian mencoba mengunjungi situs web yang Anda percaya. Jika Anda menemukannya menyebabkan masalah koneksi, hubungi produsen perangkat lunak atau kunjungi situs web mereka untuk melihat apakah perangkat lunak yang diperbarui tersedia.
Langkah-langkah mematikan antivirus atau perangkat lunak pencegahan malware bergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan. Periksa dokumentasi perangkat lunak Anda untuk mempelajari cara mematikannya. Pastikan Anda menghidupkannya kembali sesegera mungkin. Tidak memiliki perangkat lunak antivirus atau peranti penangkap lunak pencegahan ternyata membuat PC Anda lebih rentan terhadap h4ck3r, worm, atau virus.
Jika Anda tidak yakin program perangkat lunak pencegahan atau perangkat lunak pencegahan malware apa yang telah Anda instal, Windows mungkin bisa memberi tahu Anda.

Untuk mengetahui perangkat lunak anti-virus atau perangkat lunak pencegahan-malware apa yang terinstal

  1. Di kotak telusur di bilah tugas, ketik Sistem dan keamanan , lalu pilih Tinjau status komputer Anda dan selesaikan masalah .
  2. Pilih panah bawah di samping Keamanan .
     
    Jika Windows dapat mendeteksi perangkat lunak antivirus Anda, itu tercantum di bawah perlindungan Virus . Untuk perangkat lunak pencegahan malware, lihat di bawah Spyware dan perlindungan perangkat lunak yang tidak diinginkan .
  3. Jika perangkat lunak antivirus atau perangkat lunak pencegahan malware aktif, periksa dokumentasi perangkat lunak tersebut untuk mempelajari cara mematikannya.
Pastikan Anda mengaktifkan perangkat lunak antivirus atau perangkat lunak peristirahatan Anda sesegera mungkin untuk memastikan PC Anda terlindungi dengan lebih baik.
Copot pemasangan driver adaptor jaringan dan restart
Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, coba copot pemasangan driver adaptor jaringan, lalu hidupkan ulang komputer Anda dan mintalah Windows menginstal driver terbaru dengan otomatis. Pertimbangkan pendekatan ini jika koneksi jaringan Anda berhenti bekerja dengan benar setelah update terbaru.
Sebelum mencopot pemasangan, pastikan Anda memiliki driver yang tersedia sebagai cadangan. Kunjungi situs web produsen PC dan download driver adaptor jaringan terbaru dari sana. Jika PC Anda tidak dapat terhubung ke Internet, Anda harus mendownload driver pada PC yang berbeda dan menyimpannya ke flash drive USB sehingga Anda dapat menginstal driver pada PC Anda. Anda harus mengetahui nama produsen PC dan model atau nomornya.
  1. Di kotak pencarian di taskbar, ketik Device Manager , lalu pilih Device Manager dari daftar hasil.
  2. Di Pengelola Perangkat, pilih Adaptor jaringan > nama adaptor jaringan.
  3. Tekan dan tahan (atau klik kanan) adaptor jaringan, lalu pilih Uninstall device  > Delete the software driver untuk perangkat ini centang> Uninstall .
  4. Setelah menguninstall driver, pilih Starttombol> Power > Restart .
     
    Setelah restart PC Anda, Windows akan secara otomatis mencari dan menginstal driver adaptor jaringan. Periksa untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah koneksi Anda. Jika Windows tidak menginstal driver secara otomatis, coba instal driver cadangan yang Anda simpan sebelum menguninstall.
Gunakan reset jaringan untuk menginstal ulang perangkat jaringan
Menggunakan reset jaringan harus menjadi langkah terakhir yang Anda coba. Pertimbangkan untuk menggunakannya jika langkah-langkah di atas tidak membantu Anda terhubung.
Ini dapat membantu memecahkan masalah koneksi yang mungkin Anda miliki setelah melakukan upgrade dari versi Windows sebelumnya ke Windows 10, serta memperbaiki masalah di mana Anda dapat terhubung ke Internet namun tidak menggunakan drive jaringan bersama. Ini akan menghapus adapter jaringan yang telah Anda pasang dan pengaturannya untuk mereka. Setelah PC Anda restart, adapter jaringan diinstal ulang, dan pengaturannya diatur ke default.
Catatan
  1. Untuk menggunakan jaringan reset, PC Anda harus menjalankan Windows 10 Version 1607 atau yang lebih baru. Untuk melihat versi Windows 10 yang sedang dijalankan perangkat Anda, pilih Mulai tombol, lalu pilih Pengaturan > Sistem > Tentang .
    Pilih Mulai tombol, lalu pilih Pengaturan > Jaringan & Internet > Status > Jaringan reset .
  2. Pada layar reset Jaringan , pilih Reset sekarang > Ya untuk konfirmasi.
    Tunggu sampai PC anda restart dan melihat apakah itu memperbaiki masalah.
Catatan
Setelah menggunakan reset jaringan, Anda mungkin perlu menginstal ulang dan mengatur perangkat lunak jaringan lain yang mungkin Anda gunakan, seperti perangkat lunak klien VPN atau switch virtual dari Hyper-V (jika Anda menggunakan perangkat lunak virtualisasi jaringan atau itu). 
Penyetelan ulang jaringan dapat menetapkan masing-masing koneksi jaringan yang dikenal ke profil jaringan publik. Dalam profil jaringan publik, PC Anda tidak dapat ditemukan ke PC dan perangkat lain di jaringan, yang dapat membantu PC Anda lebih aman. Namun, jika PC Anda adalah bagian dari homegroup atau digunakan untuk berbagi file atau printer, Anda harus membuat PC Anda dapat ditemukan lagi dengan menyetelnya untuk menggunakan profil jaringan pribadi. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi . Pada layar Wi-Fi , pilih Manage known networks > koneksi jaringan yang ingin Anda ubah> Properties . Di bawah Profil jaringan , pilih  Pribadi .