perbedaan linux mint cinnamon dan mate - INDONISY

Berbagi informasi yang bermanfaat.

perbedaan linux mint cinnamon dan mate

perbedaan linux mint cinnamon dan mate - Dalam hal perbedaan antara keduanya, mereka memiliki antarmuka yang sedikit berbeda.
Lingkungan desktop Cinnamon memiliki sisa-sisa tampilan GNOME 3.
Lingkungan desktop Mate lebih menu-centric, yang beberapa pengguna lebih suka.
Karena Cinnamon adalah kode baru, ini sedikit lebih sistemik daripada Mate.
Selain itu, karena didasarkan pada GNOME 3, ini berbagi beberapa konsep GNOME 3.
Misalnya, meski memiliki menu navigasi tradisional, ia juga memiliki kotak pencarian built-in yang sangat mirip dengan area peluncur GNOME.
Mate juga memiliki bar pencarian yang sebanding di menu tapi secara visual menu Mate lebih front-and-center daripada pencarian.
Kedua desktop itu tweak, dalam hal tata letak dan warna juga.
perbedaan linux mint cinnamon dan mate

Sejarah
Keduanya terkait erat dengan distribusi Linux Mint.
Keduanya bermunculan dari transisi dari GNOME 2, versi sebelumnya dari lingkungan desktop GNOME, ke GNOME 3, versi saat ini. Baca juga : Cara edit grub linux mint
GNOME 2 memiliki antarmuka yang lebih tradisional. Beberapa pengguna tidak menghargai perubahan yang dilakukan pada GNOME 3 dan proyek seperti Cinnamon and Mate muncul untuk mencoba dan menjaga tampilan dan nuansa GNOME 2.
Perangkat lunak open source membuat ini layak sebagai basis kode yang mendasarinya selalu tersedia bagi siapa saja, sehingga pengguna dengan minat dan keterampilan teknis dapat membuat dan mempertahankan proyek mereka sendiri yang memiliki antarmuka yang diinginkan pengembang.
Dalam kasus GNOME 3, dua proyek muncul dirancang untuk melestarikan GNOME 2.
Salah satunya adalah desktop Mate ( MATE Desktop Environment ) yang merupakan kelanjutan dari GNOME 2, yang berarti bahwa ketika GNOME 2 akhirnya menjadi GNOME 3, beberapa pengembang memutuskan untuk terus mengerjakan GNOME 2 dan menyebutnya Mate.
Sementara Mate terkait erat dengan Linux Mint, tersedia di repositori perangkat lunak dari banyak distribusi, termasuk Debian, Ubuntu, Arch, dan banyak lagi.
Kayu manis pada awalnya merupakan pertanda GNOME 3, yang berarti pengembang menggunakan kode GNOME 3 dan memprogramnya dalam arah visual yang berbeda.
Namun Cinnamon sekarang menjadi proyeknya sendiri dengan basis kode tersendiri.
Cinnamon juga terkait erat dengan Linux Mint seperti yang dikembangkan oleh Clement Lefebvre, orang yang sama di balik distribusi itu.
Seperti Mate, Cinnamon juga tersedia di repositori banyak distro.
Sementara secara konseptual terkait dengan proyek GNOME, keduanya merupakan lingkungan desktop yang lebih tradisional, seperti Xfce.